Program Asuransi Kesehatan di Indonesia

Asuransi Kesehatan merupakan hal yang sangat penting khususnya di Indonesia dan pada umumnya tidak mengganti ongkos biaya pemeliharaan kesehatan seperti check up kesehatan atau pembelian vitamin dll. Mungkin bisa diganti adalah biaya-biaya Perawatan dan Pengobatan.
Tahu kah anda Apa Itu Asuransi Kesehatan adalah Suatu Program asuransi yang memberikan penggantian Biaya Kesehatan. dan Perlu Dilihat termasuk Biaya Kesehatan sebetulnya ada tiga:
1. Pemeliharaan Kesehatan, seperti check up kesehatan, pembelian makanan kesehatan maupun vitamin.
2. Perawatan, yaitu apabila Anda mengalami sakit, sehingga harus mengeluarkan uang untuk dokter atau rawat inap di RS, serta operasi (Rawat inap, Rawat Jalan, Operasi).
3. Pengobatan, yaitu apabila Anda mengalami sakit dan harus membeli obat.
Ada program Asuransi Kesehatan yang menawarkan satu penggantian saja, seperti Penyakit Kritis saja. Ada juga yang mengganti biaya Rawat Inap atau Obat saja, tetapi ada juga yang lengkap dengan penggantian apabila Anda mengalami operasi. Banyak sekali variasinya.
Biasanya premi asuransi kesehatan sendiri dibayar setahun sekali. Premi tersebut biasanya juga disesuaikan dengan umur Anda. Semakin tua umur Anda, semakin mahal premi yang harus Anda bayar. Ini wajar, semakin tua umur seseorang, semakin besar statistiknya Anda mengalami gangguan kesehatan dan harus dirawat karena sakit. Akibatnya, bila Anda baru ikut Asuransi Kesehatan pada umur 65 tahun, misalnya, biasanya Perusahaan Asuransi akan menolak keikutsertaan Anda. Ini karena risiko yang harus dia tanggung besar sekali. Beda dengan kalau Anda masih berumur 25 tahun, misalnya. Padahal, Anda membutuhkan Asuransi Kesehatan untuk mengganti biaya-biaya Anda apabila Anda sakit.
Penolakan keikutsertaan asuransi kesehatan pada umur-umur 50-60 tahun oleh perusahaan asuransi, bisa diantisipasi dengan mengikuti program asuransi kesehatan sejak umur yang masih dini. Sebab biasanya, bila Anda sudah menjadi langganan dari sebuah perusahaan asuransi bertahun-tahun lamanya, maka bila Anda sudah memasuki umur-umur tertentu (55, 60, atau 65 — bervariasi di setiap perusahaan asuransi), perusahaan asuransi biasanya masih akan tetap mengganti biaya-biaya kesehatan apabila Anda sakit. Kenapa? Ini karena perusahaan asuransi sudah `mengenal’ Anda selama bertahun-tahun. Perusahaan tersebut sudah mengetahui `riwayat klaim’ Anda sehingga mereka bisa `menghitung’ apakah keikut-sertaan Anda memang `merugikan’ mereka atau tidak. Dan hal ini hanya bisa dilakukan bila Anda mengikuti program Asuransi Kesehatan mulai sekarang, yaitu sejak Anda belum pensiun atau belum memasuki usia-usia yang menjadi batas keikutsertaan sebuah program asuransi kesehatan. Untuk mengetahui umur maksimal keikutsertaan sebuah Program Asuransi Kesehatan, Anda bisa menanyakannya ke Perusahaan Asuransi Anda.
Sebagai contoh, Perusahaan Asuransi mengatakan bahwa umur maksimal keikutsertaan program Asuransi Kesehatan mereka adalah pada umur 60 tahun. berarti, umur Anda maksimal harus 60 tahun bila ingin mengikuti program Asuransi Kesehatan mereka. Tetapi bila Anda mengikuti program tersebut sejak sekarang (umur 35, misalnya), maka setelah bertahun-tahun, biasanya Anda tetap akan diperbolehkan untuk terus mengikuti program Asuransi Kesehatan mereka sampai berumur 70 atau 80 tahun. Konsekuensinya, tentu saja, makin tua umur Anda, makin mahal pula premi yang harus Anda bayar.
Perlu diketahui bahwa tidak semua perusahaan asuransi menerapkan kebijakan yang sama. Cara yang paling mudah bagi Anda adalah dengan bertanya terlebih dahulu kepada mereka. Nah setelah anda mengethu informasi mengenai asuransi kesehatan di atas, apakah Anda sudah menentukan asuransi kesehatan yang terbaik bagi Anda dan keluarga?

Berikut beberapa daftar perusahaan asuransi kesehatan yang ada di Indonesia

1. Asuransi Kesehatan ASKES
2. Asuransi Kesehatan Jamsostek
3. Asuransi Kesehatan Asabri
4. Asuransi Kesehatan Jamkesma
5. Asuransi kesehatan Prudential
6. Asuransi kesehatan Sinar Mas
7. Asuransi kesehatan Manulife
8. Asuransi Kesehatan Syariah
9. Asuransi Kesehatan AXA
10. Asuransi Kesehatan Takaful
11 Asuransi Kesehatan Allianz
dll

0 komentar:

 
Easyonlineplace © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top