CARA MENAIKKAN TRAFIK BLOG
Siapa yang gak mau blog dikunjungi banyak visitor. Bicara soal visitor, pada dasarnya visitor datang ke blog kita melalui berbagai cara. Seperti menemukan link blog kita di SERP, social media, blog directory, kolom komentar, dll. Visitor lewat SERP (baca: trafik dari SEO) memang paling áman' dan gak ribet. Tapi untuk blog baru, SEO-nya langsung joss sepertinya mustahil. Untuk itu, jangan abaikan pula untuk membangun visitor loyalty agar blog kita punya pengunjung setia yang selalu merindukan postingan-postingan kita. Nah, saya mau berbagi tips membangun loyalitas pengunjung untuk menaikkan trafik.
1. Rajin update.
Dengan rajin mengupdate postingan, maka pengunjung selalu mendapatkan sesuatu yang baru jika berkunjung ke blog kita. Keuntungan lain, dengan rajin update maka otomatis blog kita punya banyak postingan, sehingga peluang menjaring visitor dari search enginee juga lebih besar. Tentunya diusahakan menulis postingan yang berkualitas. Menurut saya, kriteria postingan berkualitas adalah informatif, bermanfaat, menghibur, unik, dll. Jadi, tidak selalu topik yang berat-berat atau serius. Dan, ini tips mencari bahan postingan.

2. Sisipkan materi pendukung dalam postingan.
Seperti gambar/foto, grafis, skrinsut, dsb. Selain membuat postingan lebih eye catching, langkah ini bisa membuat pembaca terbantu memahami isi artikel kita.

3. Pasang widget related post.
Ini cukup penting, karena bisa 'menggiring'pengunjung membaca postingan lain yang dengan topik serupa yang mungkin saja tak kalah menarik dengan artikel yang barusan mereka baca. Jika belum punya widget itu, silakan baca tutorial cara membuat related post.

4. Pasang widget recent comment.
Dengan widget ini, interaksi antara pemilik blog dengan pengunjung akan lebih terjaga. Kita bisa segera membalas komentar yang masuk.  Bagi yang blognya belum dilengkapi recent comment, ini cara membuatnya:
Masukkan kode berikut ke sidebar blog:

<script style="text/javascript" src="http://www.freewebs.com/filer/blogger/rc.js"></script><script style="text/javascript">var a_rc=3;var m_rc=false;var n_rc=true;var o_rc=50;</script><script src="http://wawanwae.blogspot.com/feeds/comments/default?alt=json-in-script&callback=showrecentcomments"></script><div align="center"></div>

Ganti kata yang diblok biru dengan URL blog anda.

5. Buat internal link.
Fungsinya untuk referensi jika mungkin ada tambahan informasi yang diperlukan. Konon, internal link ini juga bisa membuat postingan yang tenggelam di SERP bisa terindeks lagi. Contoh internal link seperti di poin 1 dan 3 di atas.

Itu tadi tips dari seorang nubi, semoga bermanpangat.

1 komentar:

judi bola mengatakan... 13 Maret 2013 02.58

wow artikelnya sangat berguna sekali bro, mantap

 
Easyonlineplace © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top