Promosi Produk Lewat Youtube


Youtube, sebuah media layanan berbagi video yang sempat membuat heboh banyak pihak karena diakuisisi oleh Google dengan harga yang luar biasa tinggi. Untuk saat ini Youtube tercatat sebagai web dengan pengunjung tertinggi nomor 4 di dunia, di bawah Yahoo, Facebook dan Google itu sendiri. Diperkirakan pengunjung situs Youtube ini rata-rata 20 Juta per Hari. Bagi orang awam atau pemakai internet biasa mungkin menganggap ini adalah hal biasa. Tapi ini adalah sebuah peluang besar bagi para pebisnis dan pengusaha baik online maupun offline.

Lalu peluang apa yang bisa didapat pada situs Youtube ini? Mengingat pengunjung situs ini mencapai 20 juta per hari, maka ada kesempatan besar untuk melakukan promosi gratis. Bayangkan saja, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menayangkan iklan audiovisual pada media Televisi? Sangat mahal dan penonton belum tentu merespond dengan baik, mengapa? Hal ini terjadi karena sebagian penonton tidak terlalu tanggap pada iklan. Bagaimana dengan Youtube? Mari kita ulas pada artikel kali ini.

Setiap video menarik mendapatkan viewers lebih dari 1 juta dan tidak sedikit video yang sudah dilihat lebih dari 10 juta kali, bandingkan dengan iklan di Televisi. Lalu apa pengaruhnya terhadap para pelaku bisnis? Sudah tentu iklan audiovisual yang berpeluang dilihat oleh ratusan ribu hingga jutaan viewers.

Apa saja yang harus kita lakukan agar bisa mendapatkan banyak viewer dan produk kita laku? Ada beberapa hal yang tidak boleh terlewatkan, antara lain:
  1. Demonstrasikan produk yang ingin anda jual secara detail
  2. Fokuslah terhadap sesuatu yang bersifat lucu atau sesuatu yang membuat viewer ingin membagikannya terhadap orang lain
  3. Buatlah sesuatu yang kontroversi atau tunjukkan keahlian anda
  4. Apabila anda ingin mengatakan video tersebut adalah sebuah iklan, maka jelaskan bahwa iklan yang anda buat adalah iklan terbaik abad ini
  5. Tambahkan musik yang membangkitkan semangat
  6. Mintalah viewer untuk mengomentari video anda
  7. Jangan lupa untuk sertakan ending video anda sebuah halaman web target

Apa keuntungannya berpromosi via Youtube?
Ada banyak keuntungan berpromosi lewat Youtube, antara lain:
  1. Viewer akan melihat iklan anda secara detail dan fokus tanpa menganggap video tersebut adalah iklan
  2. Hal ini dapat disamakan dengan berpromosi via Televisi secara Gratis
  3. Anda dapat berinteraksi dengan viewer melalui form komentar
  4. Semakin kontroversi video yang anda buat, semakin banyak viewer yang akan melihat sekaligus mengunjungi web anda

Berpromosi via Youtube memiliki banyak keuntungan, sehingga anda dituntut untuk kreatif dalam menciptakan sebuah video dan iklan produk anda.

Sebagai catatan: sebuah domain saya bisa menghasilkan lebih dari 30 Euro dalam satu hari melalui Youtube ini.

0 komentar:

 
Easyonlineplace © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top