Paul Scholes, Sudah 17 tahun menjadi pemain sepakbola profesional, dan selalu bermain untuk Manchester United, Paul Scholes mengatakan mengakhiri semua kegemilangan kariernya dalam sepak bola. sangat disayangkan juga pemain yang berkembang dan hebat di MU akan gantung sepatu.

Paul Scholes,  sekarang berusia 36 tahun, mengumumkan pengunduran dirinya pada hari Selasa (31/5/2011), mengakhiri pula spekulasi bahwa dia masih akan bermain satu musim lagi bersama The Red Devils. MU harus mencari pemain muda tengah lagi untuk mengisi kekosongan Paul.

"Ini bukan sebuah keputusan yang kuambil dengan mudah, tapi aku sekarang merasa inilah waktunya buat aku berhenti bermain," tulis pemain kelahiran 16 November 1974 itu, seperti tertuang dalam situs resmi MU.

"Sungguh sebuah pencapaian yang luar biasa bisa menjadi bagian dari tim ini dan membantu meraih gelar (liga) ke-19," sambung Scholes, yang sudah diberi tempat di staf kepelatihan MU mulai musim depan.

"Aku berterima kasih pada fans atas dukungan luar biasa sepanjang karierku. Terima kasih juga untuk semua pelatih dan pemain yang telah bekerja denganku bertahun-tahun lamanya.

"Di atas semuanya aku berterima kasih pada Sir Alex Ferguson karena telah menjadi manajer yang hebat, dari hari pertama aku bergabung dengan klub ini. Pintunya selalu terbuka dan aku tahu tim ini akan terus memenangi banyak gelar juara di bawah kepemimpinannya."

Scholes adalah salah satu produk terhebat yang pernah dibentuk oleh akademi Manchester United. Ia sudah menimba ilmu di tempat itu di usia 14, dan mulai masuk tim pertama di musim 1994/1995.

Debutnya terjadi pada 21 September 1994, ketika ia langsung mencetak dua gol dalam kemenangan MU atas Port Vale dengan skor 2-1, di Piala Liga Inggris. Sejak itu Scholes merajut kariernya sampai menjadi besar.

Total, pemain yang dijuluki "Pangeran Jahe" itu telah bermain di 676 pertandingan "Setan Merah", termasuk yang terakhir di final Liga Champions akhir pekan lalu, saat MU kalah 1-3 dari Barcelona di Stadion Wembley. Kala itu Scholes bermain sebagai pengganti Michael Carrick.

Di level liga Scholes bermain 466 kali dan mencetak 102 gol. Di musim ini ia hanya tampil 16 kali sebagai starter, enam lainnya dari bangku cadangan, dan cuma menorehkan satu gol, yang juga merupakan satu-satunya gol yang ia buat di musim ini, yang diciptakan pada pekan kedua melawan Fulham.

Di level internasional Scholes mengenakan seragam tim nasionalnya sejak 1997, dan menanggalkannya mulai 21 Juni 2004. Ia bermain di Piala Dunia 1998, Euro 2000, dan Piala Eropa 2004. Dari 66 caps ia menyumbangkan 14 gol untuk negaranya.

Biarpun tak punya titel juara bersama timnas Inggris, tapi ia mengoleksi sangat banyak bersama MU. Ia memiliki 10 titel Liga Inggris, tiga Piala FA, dua Piala Liga Inggris, lima trofi Community Shield, dua Liga Champions, satu Piala Interkontinental, dan satu Piala Dunia Antarklub.

0 komentar:

 
Easyonlineplace © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top