Telkomsel akan meluncurkan kartu multifungsi selain untuk komunikasi juga dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah. Bapak Sarwoto Atmosutamo, Presiden Direktur  PT Telkomsel menyatakan, tahun ini pihaknya akan merealisasikan teknologi baru di mana ponsel bisa dipakai untuk alat bayar.

"Kami akan meningkatkan fasilitas T-cash kita menjadi contactless," kata Sarwoto  dalam seminar Broadbrand sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi masa depan di Hotel Borobudur, tahun 2011.

Sebelumnya, Telkomsel telah memiliki apa yang disebut dengan Telkomsel Cash (T-Cash) suatu layanan yang memungkinkan pelanggan untuk menggunakan mobile phone-nya (MSISDN) melakukan transaksi seperti pembelian, pembayaran, dan lain sebagainya.

Namun, penggunaan kartu ini hanya terbatas pada merchant yang menjadi mitra dari T-Cash. Ke depan, Sarwoto menjelaskan, kartu ini nantinya akan menjadi semacam kartu BCA Flash. Bedanya, kartu ini dalam bentuk chip pada kartu telepon seluler.

Kartu itu juga nantinya dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran dimana saja seperti di swalayan, untuk pembayran tol, pembelian makanan dan minuman dan lain-lain.

Produk ini telah dirancang sejak enam bulan yang lalu dan akan dilincurkan pada tahun ini. “Nama detailnya belum bisa diumumkan, yang jelas secara umum namanya contactless," kata Sarwoto.
Sistem pembayaran contactless, seperti dikutip dari Wikipedia, dikenal juga dengan "touch and go" atau "wave and pay" sendiri sudah hadir di industri keuangan. Umumnya digunakan pada kartu kredit, kartu debit, smart card atau perangkat lain yang dipasangi radio frequency identification (RFID).
Chip yang ditanam di kartu itu memungkinkan pengguna hanya cukup mendekatkan kartu mereka pada sensor yang berada di mesin pembayaran. Sistem ini memungkinkan proses pembayaran lebih cepat dua kali lipat dibandingkan sistem konvensional.

Yanto Santoso, Corporate Communication Telkomsel menambahkan, saat ini produk tersebut masih dalam proses pengembangan. Ke depannya ini akan menjadi alat transaksi seperti halnya ATM.

Kartu Telkomsel ini nantinya juga akan berfungsi seperti menyimpan uang tunai di dalam nomor telepon, yang transaksinya akan dilakukan saat selesai membelanjakan sesuatu.

Sejumlah uang yang kita miliki yang dimasukkan ke dalam kartu seluler yang digunakan. Nantinya kartu tersebut akan menjadi kartu pembayaran yang sah, kata Yanto. “Ini juga menjadi salah satu metode pembayaran yang disetujui Bank Indonesia,” ucapnya.

0 komentar:

 
Easyonlineplace © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top